Post Icon

Imlekan dan Perkembangan Sains

Ketika orang ramai memperingati tahun baru cina (imlek) dengan berbagai tulisan dan liputan di berbagai media cetak dan media elektronik, asosiasi saya imlekan harus disertai dengan dar-der-dor bunyi petasan. Saya jadi teringat kepada jasa yang diberikan oleh bangsa Tionghoa/Cina terhadap perkembangan peradaban dunia, khususnya dalam hal senjata api.

Bangsa Cinalah yang pertama kali menemukan cara pembuatan bubuk mesiu yang kemudian berkembang menjadi bahan dasar untuk peluru/meriam senjata api masa kini. Dengan perkembangan jaman, maka mesiu menjadi satu alat untuk memenangkan suatu peperangan. Perkembangan selanjutnya seperti yang sudah kita saksikan, senjata api memegang peranan penting dalam suatu pertempuran di abad keduapuluh..

Cina yang mempunyai tradisi serta budaya yang cukup tua, juga banyak menyimpan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi banyak orang, tetapi rupanya belum cukup dikenal, khusunya di dunia Barat. Hanya karena metodenya berbeda dengan metode yang sudah berkembang di dunia Barat. Baru pada tahun tujuhpuluhan, seiring dengan keterbukaan kebijakan Negara tirai bambu tersebut, mulai dikenal  ilmu pengetahuan dari Cina, misalnya pengobatan kedokteran akupuntur.

Pengajaran Sastra Cina di UI berawal dari tahun 1939, sebelum Fakultas Sastra UI berdiri (1940). Pasang surut perkembangan Sastra Cina seiring dengan perkembangan suhu politik Negara. Sudah banyak kerjasama yang dilakukan UI dengan perguruan tinggi di Cina. Tapi menurut salah seorang pengajar Sastra Cina UI, kerjasama tersebut lebih banyak hanya sebatas di atas kertas. Namun demikian, di tahun 1990 an, Jurusan Sastra Cina berhasil membuat satu buku besar kamus Cina-Indonesia bekerjasama dengan para pengajar Universitas Bejing. Pada periode kepemimpinan Mochtar Riady sebagai ketua Majelis Wali Amanat  (MWA) UI awal tahun 2000 an, beberapa orang anggota Senat UI sempat mengunjungi Negara Cina, karena  Mochtar sendiri duduk sebagai Dewan Penyantun Universitas Bejing. Pertengahan tahun 2000 an, UI mendapat hibah senilai satu juta dolar AS berupa seperangkat peralatan Laboratorium telepon mobile CDMA, yang peresmiannya dilakukan oleh Menkominfo M. Nuh. Kemudian pada tahun lalu dilakukan  penandatanganan kerjasama antara UI dengan salah satu Universitas di Bejing untuk mengembangkan ilmu pengetahuan kedokteran tradisional yang sudah berkembang dengan baik di Cina. Sejauh mana manfaat yang bisa diambil UI dengan adanya hibah, pertukaran staf pengajar, kunjungan dan kerjasama yang dijalin, masih butuh waktu lagi.

Seperti juga Presiden AS Barack Obama yang memberikan perhatian terhadap perkembangan  yang “mencengangkan” Negara India dan Cina, semestinya kita pun dapat belajar banyak dari kemajuan yang dialami Negara Cina, karena negara kita pun mempunyai potensi yang dapat dikembangkan seperti juga Negara Cina. Dan itu sangat tergantung kepada orang-orang UI yang saat ini tengah menjadi pimpinan. Karena ditangan merekalah sebetulnya masa depan UI, yang konon katanya saat ini memasuki masa transisi yang sangat kritis.

resource: http://www.staff.blog.ui.ac.id/rani/2009/01/27/imlekan-dan-perkembangan-sains/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment